Sunday, 9 May 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2 LEMBAR

 

MODEL 3 PROBLEM BASED LEARNING

(PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD: Mengidentifikasi tentaang Dinasti Abasyiyah

 

Madrasah               :   MA....

Mata Pelajaran      :   SKI

Kelas/Semester      :  XI/Genap

Alokasi Waktu      :   2 x 45 menit (1 x Pertemuan)

Sub Materi Pokok :  Pernikahan

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

              Melalui Model Problem Based Learning peserta didik diharapkan mampu:

1.    Menganalisis tentaang Dinasti Abasyiyah

2.    Menyajikan hasil analisis tentang Dinasti Abasyiyah

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke-1

Kegiatan/

Sintaks

Kecakapanabad 21 (4C) , HOTS danDeskripsiKegiatan

PPK

Waktu

Pendahuluan

1.    Guru menyiapkan pembelajaran

2.    Guru memberikan motivasi

3.    Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran

Religius

Nasionalis

 

5’

KegiatanInti

Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

Creativity Thinking and innovation

a)    Guru menayangkan ilustrasi Dinasti Abasyiyah

 

 

b)    Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil pengamatan ilustrasi gambar.

Kemandirian

 

10’

Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik

Collaboration

Peserta didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru

Gotong royong

15’

Tahap – 3
Membimbing peyelidikan

Critical Thinking and Problem Solving

Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai referensi atau sumber.

Kemandirian

Integritas

20’

Tahap – 4
Mengembangkan menyajikan hasil karya

Collaboration                                                         

a)    Diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.

b)    Guru membantu peserta didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan laporan hasil solusi pemecahan masalah.

Gotong royong

20

Tahap – 5
Menganalisis
& mengevaluasi proses

Communication

a)    Peserta didik melakukan presentasi hasil diskusiberupalaporan

b)    Melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.

c)    Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran

Gotong royong Integritas

10’

Penutup

1.     Guru melaksanakan umpan balik

2.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Religius

 

10’

-PPK (Penguatan Pendidikan Karakter); religious, nasionalis, gotongroyong, mandiri, integritas.

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal; 

Penilaian Pengetahuan:  TesTulis, Penugasan;

Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;

 

 

                                                                                                                                                Jepara, 6 April 2020

Mengetahui

KepalaSekolah/Madrasah                                                                                                  Guru Mapel

 

 

 

 

,,,                                                                                                                                            ,,,

No comments:

Post a Comment

Popular

Total Pageviews

Followers