MODEL 3 PROBLEM BASED LEARNING
(PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD: Mengidentifikasi tentaang Dinasti Abasyiyah
Madrasah : MA.... Mata Pelajaran : SKI |
Kelas/Semester : XI/Genap Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x Pertemuan) |
Sub Materi Pokok : Pernikahan |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based Learning peserta didik diharapkan mampu:
1. Menganalisis tentaang Dinasti Abasyiyah
2. Menyajikan hasil analisis tentang Dinasti Abasyiyah
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-1
Kegiatan/ Sintaks |
Kecakapanabad 21 (4C) , HOTS danDeskripsiKegiatan |
PPK |
Waktu |
|
Pendahuluan |
1. Guru menyiapkan pembelajaran 2. Guru memberikan motivasi 3. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran |
Religius Nasionalis
|
5’ |
|
KegiatanInti Tahap – 1
|
Creativity Thinking and innovation a) Guru menayangkan ilustrasi Dinasti Abasyiyah
b) Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil pengamatan ilustrasi gambar. |
Kemandirian
|
10’ |
|
Tahap – 2 |
Collaboration Peserta didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru |
Gotong royong |
15’ |
|
Tahap – 3 |
Critical Thinking and Problem Solving Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai referensi atau sumber. |
Kemandirian Integritas |
20’ |
|
Tahap – 4 |
Collaboration a) Diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah. b) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan laporan hasil solusi pemecahan masalah. |
Gotong royong |
20’ |
|
Tahap – 5 |
Communication a) Peserta didik melakukan presentasi hasil diskusiberupalaporan b) Melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan. c) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran |
Gotong royong Integritas |
10’ |
|
Penutup |
1. Guru melaksanakan umpan balik 2. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
Religius
|
10’ |
-PPK (Penguatan Pendidikan Karakter); religious, nasionalis, gotongroyong, mandiri, integritas.
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;
Penilaian Pengetahuan: TesTulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Jepara, 6 April 2020
Mengetahui
KepalaSekolah/Madrasah Guru Mapel
,,, ,,,
No comments:
Post a Comment